Hati-hati! Jika Tubuh Kamu Mengalami "10 Gejala Ini", Artinya "Ginjal Sedang Minta Tolong"! Nomor 3 Sering Dialami!

Setiap hari otak kita memproses banyak informasi dan tubuh kita melakukan ribuan aksi. Tinggal di dunia yang sibuk membuat kita mudah sekali melewatkan pesan-pesan dari tubuh yang dikirim ke kita. Dan konsekuensi dari tidak menghiraukan sinyal ini bisa sangat ekstrim.

Berikut ini ada 10 sinyal dari tubuh yang menunjukkan bahwa ginjal kamu tidak bekerja dengan baik. Ada berapa sinyal yang kamu alami?

10. Masalah tidur


Sponsored Ad

Ketika ginjal kamu tidak berfungsi dengan baik, itu berarti bahwa racun tidak bisa keluar dari tubuh lewat urin dan menetap di dalam darah. Tingkat racun yang tinggi membuat kita sulit tidur. Itu berarti ketika kamu kurang tidur, kamu meningkatkan kemungkinan penurunan fungsi ginjal.

Peringatan: orang dengan penyakit ginjal kronis lebih sering menderita sleep apnea. Sleep apnea adalah gangguan yang menyebabkan satu atau lebih jeda di nafas saat tidur jeda ini bisa berlangsung selama beberapa detik hingga menit. Setiap jeda ini selesai, nafas normal kembali dengan suara ngorok yang keras. Ngorok keras yang berkelanjutan adalah waktunya kamu untuk periksa ke dokter.

Sponsored Ad

9. Sakit kepala, kelelahan dan kelemahan umum


Ginjal yang sehat dan berfungsi dengan baik akan mengubah vitamin D dalam tubuh kita untuk mempertahankan tulang yang kuat dan memproduksi hormon yang disebut Erythropoietin (EPO). Hormon ini menjalankan peran yang penting dalam memproduksi sel darah merah. Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, maka akan memproduksi lebih sedikit EPO. Penurunan jumlah sel darah merah (yang membawa oksigen) mengakibatkan kelelahan yang berlebihan di otot dan otak.

Sponsored Ad

Peringatan: orang dengan penyakit ginjal kronis lebih sering menderita anemia (kekurangan darah). Anemia mungkin mulai berkembang saat seseorang memiliki 20-50% fungsi ginjal normal. Kalau tidurmu cukup, tapi selalu mengalami kelelahan, energi tubuh rendah dan kelemahan umum lainnya, maka kamu harus segera cek ke dokter.

8. Punya kulit yang kering dan gatal


Sponsored Ad

Ginjal sehat melakukan pekerjaan yang sangat hebat dengan membuang sisa dan kelebihan cairan dari dalam tubuh, membantu memproduksi sel darah merah dan mempertahankan jumlah mineral yang normal dalam tubuh. Kulit kering dan gatal adalah tanda dari kegagalan ginjal untuk mempertahankan jumlah normal dari mineral dan nutrisi yang bisa mengakibatkan penyakit tulang dan ginjal.

Peringatan: jika kamu punya kulit kering dan gatal, cobalah untuk membuat kulit lebih terhidrasi. Ingat untuk konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat untuk kulitmu.

Sponsored Ad

7. Punya nafas bau dan rasa logam


Ketika cairan sisa menumpuk di darah, itu akan merubah rasa dari makanan dan meninggalkan rasa logam di mulutmu. Punya nafas bau adalah sinyal lain dari punya kelebihan racun di darah. Selanjutnya, kamu mungkin tidak nafsu makan yang bisa menyebabkan penurunan berat badan yang tidak sehat.

Sponsored Ad

Peringatan: ada banyak alasan mengapa makanan memiliki rasa logam (dari alergi sampai kesehatan mulut yang buruk). Umumnya, rasa logam di mulutmu seharusnya hilang jika penyebabnya sudah diobati. Tapi, jika rasa itu terus muncul, kamu harus segera ke dokter.

6. Nafas pendek


Sponsored Ad

Hubungan dari penyakit ginjal dan punya nafas pendek itu disebabkan oleh 2 faktor. Pertama, cairan berlebihan di tubuh pindah ke paru-paru ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik. Kedua, anemia merampas oksigen tubuhmu dan ini yang menyebabkan nafas jadi pendek.

Peringatan: ada banyak faktor yang menyebabkan nafas pendek dari gagal ginjal ke asma dan kanker paru-paru atau gagal jantung. Kalau kamu menyadari bahwa kamu sering mengalami nafas pendek setelah melakukan kegiatan yang tidak terlalu melelahkan, kamu harus periksa ke dokter.

Sponsored Ad

5. Bengkak di pergelangan kaki, kaki dan tangan


Ginjal yang gagal berfungsi tidak akan membuang sisa cairan berlebih dari tubuh. Ini menyebabkan retensi sodium yang mengakibatkan pembengkakan di pergelangan kaki, kaki dan tangan. Bengkak di bagian bawah tubuh juga adalah salah satu sinyal dari penyakit jantung dan liver atau masalah pembuluh darah kaki.

Sponsored Ad

Peringatan: terkadang pengobatan untuk mengurangi garam dan menghilangkan cairan berlebih dalam tubuh kamu bisa menghentikan pembengkakan. Tapi, jika itu tidak membantu, maka kamu harus memisahkan perawatannya.

4. Nyeri punggung


Kegagalan ginjal bisa mengakibatkan nyeri punggung yang biasanya dalam dan terletak di bawah tulang rusuk. Itu bisa terasa di depan daerah selangkangan atau pinggul. Sakit punggung dan kaki bisa disebabkan oleh kista di ginjal yang merupakan kantung besar berisi cairan yang terbentuk di ginjal dan merupakan hasil dari penyakit ginjal polikistik.

Saran: nyeri punggung yang disebabkan gagal ginjal itu disertai dengan rasa sakit, muntah, demam dan buang air kecil terus menerus. Nyeri punggung biasa yang tidak ada hubungannya dengan ginjal itu gejalanya beda, sakitnya lebih terlokalisasi dan terjadi secara tiba-tiba, tidak ada demam. Kalau kamu sering mengalami sakit punggung dan obat tidak ada efeknya, maka pastikan periksa ke dokter.

3. Mata bengkak


Tanda awal bahwa sistem filter di ginjal kamu rusak adalah timbulnya protein di urin yang bisa menyebabkan bengkak di sekitar area mata. Pembengkakan sekitar mata bisa dijelaskan dari fakta bahwa ginjal kamu membuang banyak protein ke urin daripada menyimpannya dan menyalurkannya ke seluruh tubuh.

Saran: jika kamu yakin bahwa tubuhmu cukup istirahat dan protein, tapi kamu terus mengalami mata bengkak, segera atur waktu untuk ketemu dokter, ya!

2. Tekanan darah tinggi


Sistem peredaran darah dan ginjal kamu saling bergantung satu sama lain. Ginjal memiliki nefron kecil yang menyaring limbah dan cairan ekstra dari darah. Jika pembuluh darah rusak, nefron yang menyaring darah Anda tidak menerima cukup oksigen dan nutrisi. Itu sebabnya tekanan darah tinggi adalah penyebab kedua gagal ginjal.

Tip: Belajar untuk mengatur tekanan darah tinggi kamu agar terhindar dari gagal ginjal. Tambahkan makanan yang kaya asam folat karena kandungan ini terlibat dalam produksi sel darah merah dan dapat membantu mencegah anemia.

1. Perubahan warna urin


Ginjal kamu bertanggung jawab untuk memproduksi urin dan menghilangkan limbah melalui itu. Perubahan frekuensi, bau, warna dan penampilan urin tidak boleh diabaikan. Jenis perubahan yang umum termasuk:

- Kebutuhan untuk buang air kecil meningkat, terutama pada malam hari. Di mana saja antara 4 hingga 10 kali sehari dianggap normal.

- Melihat darah dalam urin. Ginjal sehat menyaring limbah dari darah untuk menghasilkan air seni, tetapi jika filternya rusak maka sel-sel darah akan mulai "keluar" lewat urin.

- Memiliki urine berbusa. Gelembung dalam urin terutama yang mengharuskan kamu untuk menyiram beberapa kali sampai busa pergi menunjukkan bahwa ada protein yang tidak diinginkan dalam urin.

Ini semua adalah tanda-tanda yang mungkin terjadi ketika ada masalah dengan fungsi ginjal. Jika kamu mengalami tanda seperti yang disebutkan di atas, disarankan untuk segera periksa ke dokter agar dapat ditangani sedini mungkin!

Sumber: omgtw