Gak Perlu Repot Setrika, 5 Tips Pintar Ini Bikin Baju yang Baru Kering Rapi Tanpa Kerutan! Anak Kost Harus Banget Baca

Siapa sih yang gak mau tampil dengan pakaian selalu bersih dan rapi? Tapi kesibukan anak kos yang padat setiap hari kadang bikin gak sempat merapikan kamar, termasuk cuci dan setrika baju. Mencuci masih bisa gunakan bantuan mesin, tapi menyetrika harus dilakukan satu per satu dengan telaten.

Tenang, biar menghemat waktu ada 5 tips mudah yang bisa kamu praktikkan di bawah ini. Baju bisa tetap rapi setelah dicuci tanpa harus disetrika lho. Simak yuk, berguna banget buat anak kos nih!

1. Pisahkan baju sesuai jenis bahan sebelum mencuci

Sponsored Ad

Jika menggunakan bantuan mesin cuci, sebaiknya jangan mencampur semua baju jadi satu. Pisahkan menurut jenis bahan, terutama kemeja katun atau kain ringan lainnya. Putaran mesin cuci membuatnya terlilit pada baju yang lebih berat.

Jika mencuci dengan tangan, rendam dulu agak lama dalam larutan deterjen untuk mengangkat kotoran. Kucek baju hanya jika noda membandel dan sulit hilang. Makin lama dikucek bisa bikin baju lebih kusut.

2. Kibas-kibaskan baju sebelum dijemur untuk mengurangi lipatan

Sponsored Ad

Sebelum dijemur biasanya baju dimasukkan dalam mesin pengering atau diperas langsung dengan tangan. Ada trik yang perlu kamu perhatikan, lipat dan susun baju dengan rapi saat memasukkannya ke mesin pengering. Asal menjejalkannya ke dalam mesin akan menambah bekas lipatan.

Jika ingin memeras langsung, hindari menekan baju sampai terlilit kuat-kuat. Peras dalam posisi lurus untuk menghilangkan air, lalu kibas-kibaskan agar kembali ke bentuk semula.

3. Jemur dengan gantungan baju

Sponsored Ad

Gak cuma mengeringkan baju, panas matahari juga membantu serat kain memuai ke bentuk semula. Maka menjemur dengan posisi menggantung adalah pilihan paling tepat. Mengurangi bekas lipatan sehingga baju lebih mudah dirapikan.

4. Hindari menumpuk baju kering dalam keadaan terlilit

Sponsored Ad

Setelah baju kering, jangan menyimpannya dalam keadaan berantakan. Biarkan tetap menggantung tapi pindahkan ke tempat teduh. Atau tumpuk dalam bentuk lembaran agar gak membuatnya kusut.

5. Segera lipat rapi lalu tumpuk di tempat sejuk

Sponsored Ad

Jika ingin lebih rapi, segera lipat baju kering lalu simpan di tempat sejuk. Menyimpan dalam ruangan sejuk bikin serat kain merapat dan tetap dalam bentuk aslinya. Susun sesuai berat baju, letakkan yang paling ringan di bawah.

Beberapa jenis kain memang masih perlu disetrika. Tapi melakukan lima cara di atas bisa membuat baju lebih cepat rapi. Praktikkan di tempat kosmu yuk!


Sumber: IDN Times

Kamu Mungkin Suka