Akhir-Akhir Ini Udara Dingin, Netizen Banyak Yang Mengeluh! BMKG Angkat Bicara!

Banyak masyarakat yang merasakan udara lebi dingin belakangan ini.

Kata kunci dingin menjadi trending topic Twitter hari ini (27/7), dengan total 46.800 tweets satu jam terakhir.

Warganet ramai mengunggah postingan mengenai udara dingin yang dirasakan di tempat tinggalnya masing-masing.

Sponsored Ad

Seorang warganet asal Malang mengatakan wilayahnya mencapai 21 derajat selsius.

Mereka mengeluhkan udara dingin yang tidak biasanya terjadi.

Tak berbeda jauh dari Malang, warg

Beberapa warganet di wilayah Indonesiaanet asal Bandung mengungkapkan kini suhu di daerahnya mencapai 18 derajat selsius. lainnya juga mengeluhkan udara dingin serupa, kebanyakan dari mereka memposting catat suhu.

Sponsored Ad

Menanggapi suhu dingin yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia, Kabid Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hary Tirto Djatmiko menjelaskan, fenomena suhu udara dingin adalah fenomena alami yang dapat terjadi pada bulan-bulan puncak musim kemarau yakni Juli hingga Agustus.

“Udara terasa dingin di bulan Juli belakangan ini lebih dominan disebabkan karena dalam beberapa hari terakhir di wilayah Indonesia, khususnya Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), serta Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki kandungan uap di atmosfer cukup sedikit,” ujar Hary.

Sponsored Ad

Uap air dan air menjadi zat yang cukup efektif untuk menyimpan energi panas. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya kandungan uap di atmosfer sehingga membuat energi radiasi yang dilepaskan oleh Bumi ke luar angkasa pada malam hari tidak tersimpan di atmosfer, serta energi yang digunakan untuk meningkatkan suhu udara atmosfer di atmosfer lapisan dekat permukaan Bumi tidak signifikan.

 

Sumber : linetoday 

Kamu Mungkin Suka