Waspadalah! Pria Ini Suka "Makan Malam" Terlalu Banyak, Alhasil "Hal Buruk" Terjadi Saat Ia Sedang Tidur!

Jika seharian beraktifitas terlalu padat dan mengeluarkan energi terlalu banyak, alhasil kita cenderung akan melampiaskan dengan makan banyak di malam hari. Namun apakah hal tersebut akan berdampak positif atau negatif bagi tubuh?

Sponsored Ad

Sebelum mengetahui jawaban yang lengkapnya, lebih baik kita simak ulasan artikel tentang tidur di bawah ini:

“Obat tidak sebaik makan makanan sehat, makan makanan sehat tidak sebaik tidur!”

Sponsored Ad

Dapat dilihat bahwa tidur adalah komplemen utama bagi tubuh kita. Bahkan banyak orang berkata “Tidur nyenyak membawa semangat seratus kali lipat lebih banyak. Tidur tidak nyenyak membawa kelelahan”

Karena itu kualitas tidur manusia berkaitan penting dalam kesehatan manusia.

Nah pertanyaannya, bagaimana cara tidur yang paling baik?

Tidur adalah komplemen pertama yang baik bagi tubuh

Sponsored Ad

Budaya Tiongkok berkata “yin dan yang dalam tubuh harus seimbang”

Secara umum, tidur adalah proses pemeliharaan diri dan pengisian ulang energi dalam tubuh. Tidur juga adalah proses mengumpulkan dan menyerap energi. Makanya saat kita beraktifitas seperti belajar, olaharaga, dan bekerja kita sedang melepaskan energi. Jadi keseimbangan antara yin dan yang harus sama.

Waktu tidur

Sponsored Ad

Waktu tidur terbaik yaitu jam 21.00 - 23.00 malam sampai jam 3 - 5 pagi. Atau disarankan jam 21.00 tidur dan jam 5 pagi sudah bangun.

Jika Anda tidur dalam jam terbaik ini, itu artinya Anda sedang memelihara diri dan terbebas dari penyakit yang membahayakan tubuh.

Orang yang sudah berusia 100 tahun lebih membagikan rahasia hidup sehatnya, yaitu dengan mengatur jam tidur terbaiknya.

Namun sayang, di jaman serba modern ini tak banyak orang bisa melakukannya. Di tengah jaman yang semakin sibuk dan padat, orang-orang malah melalaikan jam terbaik untuk tidur. Dan jika para wanita ingin mendapat tidur terbaik untuk mempercantik kulit, ia harus tidur lebih awal dan bangun lebih pagi juga.

Sponsored Ad

Jika Anda tidak dapat tidur tepat waktu di malam harinya, dijamin kualitas tidur Anda akan terganggu. Keesokan harinya Anda akan mudah mengantuk dan tidak memiliki semangat.

Sponsored Ad

Selain memastikan jam tidur di malam hari, di siang hari pun antara jam 11.00-13.00 Anda harus menyempatkan waktu setengah jam untuk tidur siang.

Tidur siang pun sering disebut sebagai tidur cantik. Hal itu disebabkan saat kita tidur siang bisa membuat kulit wajah kita menjadi cantik, menyeimbangkan hormon, menghilangkan jerawat, tanda gelap atau bekas luka.

Tidur terlalu malam bisa jadi sarang penyakit dan mempermudah Anda terkena depresi

Sponsored Ad

Sel-sel manusia diperbaharui sekitar 100 hari sekali. Bahkan orang jaman kuno mempercayai “Tidur adalah perawatan kesehatan pertama. Jika satu malam Anda tidak tidur, maka 100 hari komplemen tubuh tidak bisa diperbaiki”

Selain itu juga orang yang sering tidur larut malam akan membuat emosinya jadi tidak stabil. Ia akan jadi sering marah dan menderita depresi.


Sponsored Ad

Perlu kita ketahui bahwa jam 23.00 - 01.00 pagi, kandung empedu sedang aktif-aktifnya.

Oleh sebab itu, terbangun dalam rentang waktu tersebut bisa mengakitbatkan tubuh mengalami kekecewaan emosional.

Jika Anda tidak tidur juga, tubuh bisa terkena anemia, kekurangan pasokan darah, dan metabolisme empedu jadi buruk. Bukan hanya itu saja, Anda juga jadi sering kelelahan dan mengalami kelemahan di area pinggang dan lutut.

Paru-paru berwarna putih juga bisa menjadi abu-abu saat Anda tidak menjaga tidur dengan baik.

Sponsored Ad

Waktu bangun tidur

Ibaratnya jam 3 pagi adalah sebuah ‘musim semi’ dalam hari itu, dan jam 6 pagi adalah titik balik dimana matahari akan datang.

Langit dan bumi akan terbangun pada jam 3 pagi, begitu juga sel-sel tubuh manusia akan terbangun pada jam yang sama.

Seringkali saat terbangun antara jam 3-5 pagi, kita merasa “Ah masih pagi, tidur lagi ah!” tapi disarankan, kita jangan tidur lagi. Karena semakin banyak tidur, tubuh kita akan semakin lelah.

Orang yang bangun sebelum jam 5 dan jam 6 setelah matahari terbit, akan terasa berbeda di semangat tubuhnya.

Kamar untuk tidur seharusnya tidak terlalu besar

Perawatan tradisional menganjurkan untuk menutup pintu dan jendela saat tidur. Dan juga seharusnya kamar untuk tidur tidak terlalu besar, untuk mengumpulkan Yang. Dan ketika orang tidur, tubuh mereka membentuk sebuah lapisan Yang.

Jika ada angin yang masuk dan meniup lapisan ini, tubuh akan mengisinya kembali. Alhasil proses daur ulang ini tidak baik untuk peremajaan kulit dan organ-organ tubuh.

Jika musim panas terlalu panas, Anda dapat menutup pintu kamar dan menyalakan AC terlebih dahulu saat Anda mandi, setelah itu baru matikan AC. Dan udara sejuk akan bertahan kurang lebih dari 1 jam.

Tapi jika kau terbangun kembali karena kepanasan, kau bisa nyalakan AC sebentar dan matikan lagi.

Jangan makan malam terlalu kenyang

Jika kita makan terlalu kenyang, hal tersebut akan menyebabkan beban perut akan berlebih, dan hal itu bisa terhubung ke otak, dan ujung-ujungnya bisa menyebabkan insomnia.

Jika orang separuh baya atau lanjut usia selalu membiasakan makan terlalu banyak, akibatnya bisa merangsang peningkatan hormon insulin secara terlalu berlebihan, dan pada akhirnya hormon insulin pada tubuh akan habis.

Pada saat yang sama, jika makan terlalu banyak bisa menyebabkan protein kurang bisa dicerna dengan baik. Dan hal ini bisa mengeluarkan bakteri usus dan zat beracun.

Selain itu, makan malam terlalu banyak dapat mengkonsumsi gas terlalu banyak, dan hal ini bisa mengganggu keseimbangan Yang.

Oleh sebab itu makan dan minum pada malam hari tidak boleh terlalu banyak, karena bisa menyebabkan gangguan pencerncaan, perut panas, gangguan keseimbangan Yang, dan mempengaruhi kualitas tidur.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini ke teman lainnya ya!

Sumber: Coco